2 March 2016

Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer

Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer

Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer,- Kue bolu kukus merupakan makanan ringan yang sering menjadi sajian dalam berbagai momen seperti lebaran, hajatan, dan lain-lain. Bahan untuk membuat kue kukus sangat mudah didapatan. 

Cara membuatnya sangat sederhana. Salah satu alat yang digunakan untuk membuat resep kue ini adalah mixer. Namun karena kita akan membuat resep sederhana, maka pembuatannya tanpa mixer.

Dan dalam kesempatan ini Resep Mama akan menyugukan enam resep kue bolu kukus yaitu Bolu Kukus Pelangi, Mekar, Pandan, Coklat. Semua resep kue bolu ini akan disajikan secara sederhana.

Kue Bolu Kukus Pelangi


Nama pelangi diambil dari warna kue bolu ini. Sebenarnya tidak semua warna pelangi ada di dalam bolu kukus tersebut. Namun karena, warna kue ini berwarna warni sehingga tampak seperti pelangi, maka kue ini disebut Kue Bolu Kukus Pelangi.

Bahan-Bahan Bolu Kukus Pelangi


Bahan untuk membuat bolu kukus pelangi dapat anda dapatkan dengan mudah. Sebab kebanyakan warung atau pasar menyediakan bahan-bahan tersebut. Berikut daftar bahan-bahannya:

1. Santan Instan 100 mili liter
2. Minyak goreng 50 mili liter
3. Gula pasir 225 gram
4. Telur 4 butir
5. Tepung terigu 200 gram
6. Emulsifier 1/2 sendok makan
7. Vanili bubuk 1/2 sendok teh
8. Pasta strawberry secukupnya
9. Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi


Cara sederhana untuk membuat Bolu Kukus Pelangi adalah dengan melewati langkah-langkah berikut:

- Panaskan kukusan sampai beruap banyak dan jangan lupa untuk memberi alas pasa tutupnya dengan kain bersih

- Ambil loyang, alasi dengan baking powder atau bija juga diolesi menggunakan margarin lalu taburi terigu dan sisihkan

- Kocoklah telur bersama gula pasir, emulsifier dan vanili bubuk hingga mengembang dan kental. Pengocokan dapat menggunakan mixer atau jika anda tidak memiliki mixer, maka boleh menggunakan alat lain.

- Masukan tepung terigu kemudian aduk sampai rata menggunakan spatula atau alat lainnya.

- Tambahkan santan dan minyak goreng terus diaduk lagi

- Ambil tiga wadah. Bagi adonan menjadi tiga lalu masukan ke dalam masing-masing wadah yang telah anda ambil tadi. Pada adonan pertama, tambahkan pasta strawbery. Pada adonan kedua, tambahkan pasta pandan. Sedangkan adonan ke tiga dibiarkan berwarna putih.

- Tuangkan adonan pertama lalu dikukus selama lima menit. Selanjutnya masukan adonan ke dua kemudian dikukus selama lima menit juga. Demikian pula adonan yang ke tiga. Pengkukusan dilakukan menggunakan api sedang.

Resep Kue Bolu Kukus Mekar


Di kampung kue bolu mekar biasanya dihidangkan saat pesta pernikahan. Namun sebenarnya kue mekar tidak husus untuk acara pernikahan. Bolu ini juga bisa disajikan dalam acara lain seperti arisan, ulang tahun dan sebagainya. Penasaran apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu kukus mekar? Berikut bahan yang harus anda siapkan.

1. Terigu 250 gram
2. Gula pasir 200 gram
3. Susu bubuk dua sendok makan
4. Vanilla esens satu sendok teh
5. Susu cair 200 mili liter
6. Ovalet satu sendok teh
7. Telur 1 butir

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar


Untuk membuat bolu kukus mekar secara sederhana, kita akan melewati tiga langkah berikut:
1. Ambil wadah kemudian masukan semua bahan ke dalamnya. Terus diaduk menggunakan spatula sampai rata. Kemudian dikocok menggunakan mixer. Bagi anda yang tidak memiliki mixer maka pengocokan bisa dilakukan dengan alat lain seperti sendok makan atau kayu.

2. Jika adonan telah kental, langkah selanjutnya adalah membaginya secara rata lalu diberi pewarna sesuai dengan selera anda. Kemudian siapkan cetakan bolum kukus. Masukan paper cup dan isi dengan adonan sampai penuh.

3. Ambil air secukupnya kemudian masukan ke dalam kukusan. Panaskan kukusan hingga beruap banyak. Jika tutup kukusan mengandung uap air, maka laplah uap tersebut. Lapisi dengan kain bersih. Masukan adonan. Beri jarak antar cetakan lalu kukus menggunakan api besar selama 10 sampai 12 menit atau sampai matang.

Resep Kue Bolu Kukus Pandan


Jika anda menyukai warna hijau, maka kue bolu ini sangat cocok untuk anda. Yup, kue kukus ini berwarna hijau sebab dalam bahan pembuatannya terdapat pandan. Bahan-bahan yang harus anda siapkan untuk membuat bolu kukus pandan adalah sebagai berikut

1. Gula pasir 225 gram
2. Terigu 250 gram
3. Telur 2 butir
4. Santan 200 mili liter
5. Ovalet1/2 sendok teh
6. Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan


Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya yang sederhana:
1. Ambil gula, telur, ovalet kemudian masukan wadah untuk dikocok sampai putih. Pengocokan bisa dilakukan tanpa mixer.

2. Masukan santan dan terigu secara bergantian sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.

3. Masukan pasta pandan lalu aduk sampai rata

4. Siapkan cetakan bolu yang telah diolesi dengan minyak goreng. Tuangkan adonan ke dalamnya dengan volume setangah cetakan. Kukus menggunakan dandang bertutup. Beri alas pada tutup dandang. Jika telah matang, maka bolu akan mengembang naik dan emenuhi cetakan.

Resep Kue Bolu Kukus Coklat


Anda menyukai warna coklat dan ingin membuat kue bolu kukus coklat? Ini bahan-bahan yang harus anda siapkan
1. Terigu 250 gram
2. Gula 250 gram
3. Telur tiga butir
4. Ovalet 1/2 sendok teh
5. Susu cair 200 mili liter
6. DCC 100 mili liter

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Coklat


Masukan telur, gula, ovalet ke dalam wadah lalu dikocok. Ambil terigu, susu cair dan dcc kemudian dikocok. Terahir, masukan ke dalam cetakan lalu dikukus dengan api besar selama 10-15 menit atau sampai matang.

Demikianlah Resep Kue Bolu Kukus Sederhana Tanpa Mixer. Silahkan dicoba dan semoga berhasil membuat kue bolu yang anda inginkan.

No comments:

Dapatkan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner