5 March 2016

Cara Membuat Kue Bolu Pisang, Pandan, Coklat dan Gulung

Cara Membuat Kue Bolu Pisang, Pandan, Coklat dan Gulung,- Bolu yang dalam bahasa Inggris disebut dengan cake adalah sejenis kue yang memiliki bahan dasar tepung, gula dan telur. Pada umumnya cara membuat bolu  adalah dengan cara dioven. Makanan yang disukai oleh banyak orang ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Belakangan kue bolu dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dihasilkan berbagai nama kue bolu seperti bolu pisang, bolu pandan, bolu coklat, bolu gulung dan lain-lain.

Cara Membuat Kue Bolu Pisang, Pandan, Coklat dan Gulung


Dalam kesempatan ini, Resep Mama ingin menulis cara membuat bolu pisang, bolu pandan, bolu coklat dan bolu gulung. Alasannya adalah karena banyaknya permintaan dari teman agar resep mama mengudet artikel tentang kue bolu terbut.

Kue Bolu Pisang


Sebelum membuat kue bolu ini, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan untuk membuat kue bolu pisang adalah sebagaiberikut:

Pisang 4 buah
Telur dua butir
Gula pasir 60 gram
Gara, 1/2 sendok teh
Baking powder 1/2 sendok teh
Soda kue 1/2 sendok teh
Mentega satu setengah sendok makan
Tepung terigu 200 gram
Minyak goreng 1 sendok makan
Air satu sendok makan

Cara MembuaKue Bolu Pisang


1. Pisang dilumat, kemudian campur dengan mentega, minyak dan airkemudian aduk rata. Sisihkan
2. Ambil terigu, gula, baking powder, dan soda kue lalu dicampur menjadi satu
3. Campurkan dua campuran di atas menjadi satu kemudian aduk sampai kalis. 
4. Masukan adonan ke dalam loyang
5. Masukan loyang ke dalam kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan. Lalu kukus hingga matang

Kue Bolu Pandan


Jika anda menyukai warna hijau, maka warna kue bolu dapat anda modifikasi agar berwarna hijau . Yup, kue bolu ini berwarna hijau sebab dalam bahan pembuatannya terdapat pandan. Bahan-bahan yang harus anda siapkan untuk membuat bolu kukus pandan adalah sebagai berikut

Gula pasir 225 gram
Terigu 250 gram
Telur 2 butir
Santan 200 mili liter
Ovalet1/2 sendok teh
Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat Kue Bolu Pandan


Satu: Ambil gula, telur, ovalet kemudian masukan wadah untuk dikocok sampai putih. Pengocokan bisa dilakukan tanpa mixer. 

Dua: Masukan santan dan terigu secara bergantian sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.

Tiga: Masukan pasta pandan lalu aduk sampai rata

Empat: Siapkan cetakan bolu yang telah diolesi dengan minyak goreng. Tuangkan adonan ke dalamnya dengan volume setangah cetakan. Kukus menggunakan dandang bertutup. Beri alas pada tutup dandang. Jika telah matang, maka bolu akan mengembang naik dan emenuhi cetakan. 

Kue Bolu Coklat


Jika anda menyukai warna coklat, maka anda bisa merubah warna bolu kukus yang biasanya putih menjadi coklat. Caranya hanya dengan menambah bahan berupa DCC. Untuk kamu yang ingin membuat bolu kukus coklat, maka hal yang pertama harus diketahui adalah bahan-bahannya. Dan berikut adalah bahan-bahan bolu kukus coklat.

Terigu 250 gram
Gula 250 gram
Telur tiga butir
Ovalet 1/2 sendok teh
Susu cair 200 mili liter
DCC 100 mili liter

Cara Membuat Kue Bolu Coklat


Masukan telur, gula, ovalet ke dalam wadah lalu dikocok. Ambil terigu, susu cair dan dcc kemudian dikocok. Terahir, masukan ke dalam cetakan lalu dikukus dengan api besar selama 10-15 menit atau sampai matang. 

Kue Bolu Gulung


Mungkin anda bosan dengan tampilan atau bentuk kue bolu yang sekarang. Jika memang demikian maka tampilan kue boleh bisa anda rubah menjadi berbentuk gulungan yang pada gilirannya kue ini disebut bolu gulung. Adapun bahan yang perlu anda siapkan adalah sebagaiberikut:

Telur 4 butir; Gula pasir 100 gram; SP 1 sendok makan; vanili bubuk 1/4 sendok teh; Tepung terigu 70 gram; tepung maizena 20 gram; susu bubuk satu sendok makan; keju cedar yang diparut 100 gram; butter cream secukupnya; pasta coklat secukupnya; pewarna makanan kuning secukupnya dan margarin yang dilelehkan secukupnya. 

Cara Membuat Bolu Gulung


1. Pansakan oven dengan suhu 160 derajat

2. Ambil loyang kemudian olesi menggunakan margarin.

3. Ambil wadah kemudian masukan telur, gula pasir dan vanili. Lalu dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Pengocokan dilakukan hingga adonan menjadi kental

4. Jika telah kental, masukan campuran terigu, maizena dan susu bubuk kemudian diaduk sampai rata

5. Masukan margarin yang telah dicairkan lalu diaduk dengan cara dibolek-balik. 

6. Ambil dua sendok adonan di atas kemudian campur dengan pasta coklat. Kemudian diaduk. 

7. Adonan diberi warna kuning. Aduk rata.

8. Siapkan loyang terus adonan dimasukan ke dalamnya

9. Oven menggunakan suhu 200 derajat selama 15 sampai 20 menit. Lalu bolu dibalikan. Selanjutnya kue bolu digulung perlahan dengan motif ada dibagian bawah. Kunci setiap ujung gulungan itu. Lalu diamkan beberapa menit. 

10. Setelah dingin, buka gulungan kue bolu. Olesi menggunakan butter cream dan taburi keju disalah satu sisinya. Kemudian gulung kemballi dan kue bolu siap untuk diiris. 

Seperti itulah Cara Membuat Kue Bolu Pisang, Pandan, Coklat dan Gulung. Bagaimana? mudahkan? Jika mudah maka silahkan mencobanya dan semoga anda berhasi; membuat Kue Bolu Pisang, Pandan, Coklat dan Gulung. 

No comments:

Dapatkan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner