25 February 2016

Resep Martabak Manis Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Resep Martabak Manis Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Di Indonesia ada dua jenis martabak yang sering dijual, yaitu martabak manis dan martabak asin. Dalam artikel ini kita akan fokus membahas martabak manis. Oleh karena itu artikel ini saya beri judul Resep Martabak Manis Lengkap Dengan Cara Membuatnya.

Saat akan menulis resep dan cara membuat martabak manis, saya mencoba mencari tahu tentang asal usul martabak ini. Menurut web ogep, martabak manis yang banyak dijual di Indonesia berasal dari bangka belitung. Dan yang pertama kali membuatnya adalah suku Hakka (khek).

Dan untuk anda yang menyukai martabak, atau ingin berjualan martabak namun tidak tahu resep dan cara membuatnya, maka artikel ini sangat tepat anda jadikan sebagai rujukan.

Mertabak Manis Terang Bulan

Saya kurang tahu mengapa martabak manis ini disebut dengan terang bulan. Tapi mungkin saja karena bentuknya yang bulat seperti bulan. Entahlah. Itu tidak penting. Dan yang penting kita ketahui adalah bahan, resep dan cara membuatnya.

Bahan Martabak Manis Terang Bulan

Saya yakin anda telah mengenal bahan-bahan martabak terang bulan dan saya juga yakin jika untuk mencarinya tidak terlalu sulit. 

1. Terigu sebanyak 250 gram. 
2. Telur 1 butir
3. Mentega 1 sendok makan
4. Gula 50 gram
5. Susu bubuk 1 sachet
6. Baking powder 1/2 sendok teh
7. Fermipan 1/2 sendok teh
8. Vanili secukupnya
9. Air hangat dua gelas

Cara Membuat Martabak Manis Terang Bulan

Telur yang telah disiapkan dikocok menggunakan garpu. Ambil air hangat untuk dicampurkan dengan susu bubuk, gula, vanili, mentega, garam lalu masukan ke dalam kocokan telur. 

Siapkan wadah baru sebagai tempat untuk mengaduk baking powder dan fermipan. Setelah diaduk, tutup adonan hingga kira-kira 30 menit. 

Jika adonan telah naik, teflon atau nampan yang digunakan untuk memanggang martabak dipanaskan terlebih dahulu. 

Setelah panas masukan adonan yang telah dibuat tadi ke dalamnya. Tunggu sebentar hingga bagian atas martabak berlubang. Jika telah berlubang, itu tandanya martabak telah matang dan siap untuk disajikan. 

Agar tampilan martabak terlihat cantik, anda boleh menaburkan kacang, atau mesis di atasnya. Namun penting diingat, pemberian hiasan atau topi dilakukan setelah martabak diolesi dengan mentega.

Martabak Manis Kilat

Hayo siapa yang tahu mengapa martabak ini disebut kilat? Kalo ada yang tahu, tolong jawab di kolom komentar ya. Sebab saya tidak tahu alasannya. Yang saya tahu hanya bahan dan cara membuatnya sebagaimana yang akan saya jelaskan.

Bahan Martabak Manis Kilat

Sebenarnya bahan martabak manis kilat hampir sama dengan bahan martabak terang bulan. Tambahannya hanya sedikit. Sekitar dua bahan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak bahan-bahan yang harus anda siapkan.

1. Tepung terigu 100 gram
2. Telur satu butir
3. Garam 1/2 sendok teh
4. Baking powder satu sendok teh
5. Minyk sayur satu sendok
6. Air secukupnya
7. Gula pasir dua setengah sendok makan
8. Dan bahan untuk membuat topingnya adalah coklat parut, keju parut dan kacang sangrai yang telah ditumbuk kasar.

Cara Membuat Martabak Manis Kilat

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membuat martabak manis ini adalah mencampurkan bahan kering yang telah disediakan dengan telur, minyak makan, air. Setelah proses pencampurannya selsesai, selanjutnya aduk menggunakan whisk dan alat sejenisnya. Pengadukan silakukan hingga adonan menjadi licin atau agak encer. 

Setelah adonan jadi, tugas anda selanjutnya adalah memanaskan teflon menggunakan api kecil. Setelah teflon panas, masukan adonan ke dalamnya. Jika adonan telah dimasukan, iringkan wajan ke beberapa sisi dengan cara memutar. Lakukan hal itu sampai keluar buih putih dan jika telah keluar, tutup wajannya hingga matanng. 

Setelah martabak manis ini matang, keluarkan dari wajan kemudian taburi dengan toping yang bahannya telah anda siapkan. Lalu martabak manis sinar bulan pun siap disajikan atau dijual. 

Demikianlah Resep Martabak Manis Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Selamat mencoba dan semoga sukses. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian. Dan jika anda ingin mengethaui cara membuat kue kering, silahkan klik judul artikel di kolom relitid post di bawah ini.

No comments:

Dapatkan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner