26 February 2016

Resep Kue Basah Dengan Bahan Dari Tepung Beras

Resep Kue Basah Dengan Bahan Dari Tepung Beras

Meskipun dari segi keawetan kue basah masih kalah jauh jika dibanding dengan kue kering tetapi ternyata minat orang terhadap kue ini sangat tinggi. Tiap bulan ada sekitar 40,5 k yang mencarinya. Data ini menunjukan bahwa informasi tentang kue basah sangat dibutuhkan oleh publik. Oleh karena itulah, demi membantu anda, saya menulis artikel Resep Kue Basah Dengan Bahan Dari Tepung Beras.

Resep Kue Basah Apem


Kue apem memang termasuk kue tradisionall. Tetapi dijaman modern ini masih banyak yang menyuaki kue yang berbahan dasar tepung beras ini. Dan untuk anda yang ingin membuatnya, maka berikut ini adalah bahan-bahan yang harus anda siapkan: 

Tepung beras : 500 gram
Tepung terigu : dua gelas
Gula : dua gelas
Air kelapa : dua gelas
Tape : dua gelas
Santan : dua gelas
Baking powder satu sendok
Pewarna secukupnya

Cara Membuat Kue Basah Apem


Langkah pertama yang harus anda lakukan saat membuat kue apem adalah mencampurkan gula dan tape sampai tidak ada gumpalan. Kemudian ambil tepung terigu, tepung beras untuk dicampurkan dengan gula dan tape tadi. Selanjutnya masukan air kelapa dan juga air santan.

Sampai disini anda telah berhasil membuat adonan apem. Agar adonan yang anda buat menjadi lebih halus maka sebaiknya anda menyaring adonan di atas. Lalu masukan pewarna dan . baking powder kemudian diaduk. 

Usahakan untuk menggunakan pewarna alami atau kalau tidak pewarna makanan yang dijamin kesehatannya agar kue apem yang anda buat baik untuk dikonsumsi. 

Langkah terahir yang harus anda lakukan adalah memanaskan cetakan. Setelah panas, masukan adonan yang telah anda buat. Biarkan selama 15 menit. Untuk mengetahui apakah apem telah matang atau belum, anda boleh menggunakan lidi untuk mengetesnya. Tusukan lidi tersebut pada apem. Jika telah tidak lingket, maka angkatlah apem dari cetakan. 

Bolu Kukus Ketan Hitam


Bolu kukus ketan hitam memiliki keistimewaan tersendiri. Tidak hanya dari segi kesehatan tetapi juga dari segi bisnis. Dari segi kesehatan, jelas ketan hitam memiliki banyak gizi. Dan dari segi bisnis, bolu kukus ketan hitam memiliki prospek yang cukup baik mengingat peminatnya masih cukup banyak. 

Untuk anda yang ingin membuat bolu berbahan ketan hitam ini, berikut adalah bahan-bahan yang perlu anda siapkan:

Tepung ketan hitam : 250 gram
Gula halus : 250 gram
Telur : tujuh butir
Minyak sayur : 200 mili liter
Ovalet : 1/2 sendok makan
Baking powder : 1/4 sendok teh

Cara membuat bolu kukus ketan hitam sangatlah mudah. Berikut saya beritahukan langkah-langkah yang harus anda lakukan:

Pertama ambil telur, gula, ovalet. Kumpulkan menjadi satu kemudian kocok menggunakan mixer atau alat lainnya. Jika anda menggunakan mixer, maka gunakan kecepatan tinggi. Pengocokan dilakukan selama kurang lebih 25 menit. 

Langkah kedua memasukan tepung ketan yang telah disediakan kemudian aduk bersama dengan baking powder. 

Pada langkah ketiga siapkanlah loyang yang telah diolesi minyak makan kemudian panaskan kukusan. Jika loyang telah siap, masukan adonan yang telah anda buat pada langkah pertama lalu kukus selama 25 menit. 

Kue Basah Kembang Goyang


Bahan-bahan: 
Tepung beras : 200 gram
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 3 sendok makan
Telur ayam 1 butir
Santan kental 65 mili liter
Air 200 mili liter

Cara Membuat


Semua bahan dicampur menjadi satu kemudian di aduk rata. Masukan minyak goreng ke dalam wajan kemudian panaskan. Jika telah panas, letakan cetakan kembang goyang ke dalam minyak. Tunggu sampai cetakan panas. Bila telah panas, clupkan ke dalam adonan. 

Selanjutnya masukan ke dalam wajan yang bersisi minyak tadi sambil digoyang-goyang agar adonan dapat lepas dari cetakan. Goreng menggunakan api kecil sampai warnanya berubah menjadi coklat. 

Demikianlah Resep Kue Basah Dengan Bahan Dari Tepung Beras. Selamat mencoba dan semoga sukses. Sebelum anda meninggalkan web ini, cobalah membaca artikel kami yang lain yang terterah di related post di bawah ini. 

No comments:

Dapatkan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner