26 February 2016

Aneka Resep Kue Lebaran Yang Unik

Aneka Resep Kue Lebaran Yang Unik

Telah menjadi tradisi di Indonesia, bahwa setiap lebaran mereka bersilatur rahmi untuk minta maaf kepada saudara atau tetangga. Dan pada hari lebaran, setiap rumah umat islam di Indonesia menyajikan aneka kue, baik kue kering maupun kue basah. Bentuknya pun beraneka ragam. Ada yang sederhana dan ada pula yang unik. Untuk kamu yang sedang mencari resep membuat kue lebaran, maka artikel Aneka Resep Kue Lebaran Yang Unik sangat cocok dijadikan sebagai refrensi. 

Kue Kering Kelapa 

Nama kue ini diambil dari rasanya. Yah, kue kering ini memiliki rasa kelapa sebab salah satu bahannya adalah parutan kelapa. Kue ini akan tampak unik apabila kita bentuk seperti boneka tersenyum dengan diberi mata yang dibuat dari coklat. Tampilan yang unik ini tentu akan menarik perhatian orang hsusunya anak-anak. 

Bahan Kue Kering Kelapa

Hal yang menyebabkan sebuah kue sulit dibuat adalah karena bahan-bahannya sulit didapatkan. Namun kesulitan seperti itu tidak akan terjadi jika anda memilih membuat kue kelapa sebagai sajian saat lebaran. Sebab, bahan-bahannya mudah didapat. Untuk membuat kue kelapa sebanyak 600 gram, anda memerlukan bahan-bahan berikut:

1. Margarin : 150 gram
2. Gula Tepung : 50 gram
3. Kuning telur : 1 butir
4. Kelapa parut : 100 gram
5. Tepung trigu protein rendah : 175 gram
6. 50 gram coco chip untuk membuat toping.

Oh ya, sebelum anda mencampurkan semua bahan menjadi adonan, jangan lupa untuk menyangrai kelapa terlebih dahulu. Setelah kelapa parut disangrai kemudian anda harus mendinginkannya. 

Cara Membuat Kue Kelapa

Pertama, Siapkan loyang kemudian olesi dengan margarin. Jangan tebal-tebal. Yang tipis saja. Setelah diolesi, anda sisikan dulu loyangnya. 

Kedua, ambil margarin dan gula tepung kemudian masukan kedalam wadah lalu dikocok selama kurang lebih dua menit sampai lembut. Jika telah lembut langkah selanjutnya adalah memasukan kuning telor ke dalamnya lalu dikocok rata. 

Tiga, Tambahkan parutan kelapa sangrai yang telah didinginkan ke dalam adonan tadi. Selanjutnya, ambil tepung terigu dan masukan. Setelah itu aduk rata.

Empat, Jika anda telah yakin bahwa semua campuran bahan di atas telah di aduk rata, maka tugas selanjutnya adalah memotong adonan itu tipis-tipis. Cetak menggunakan cutter cookies denga ukuran sesuai selera. Selanjutnya beri hiasan menggunakan coco chip yang telah anda sediakan. 

Lima, Ambil loyang yang telah diolesi margarin yang telah anda siapkan tadi. Loyang ini digunakan untuk meletakkan kue kelapa yang telah diberi hiasan coco. Jika semua adonan telah diletakan di atas loyang, maka pangganglah menggunakan api dengan suhu 150 derajat selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang. 


Kue Kering Putri Salju

Jangan mengira bahwa kue kering putri salju memiliki rasa dingin seperti salju. Kue keing ini disebut putri salju karena 

terdapat taburan gula halus yang menyerupai salju. Ini menjadi alasan mengapa banyak anak-anak yang menyukai kue 

kering ini. Maka saya kira tidak salah jika anda mencoba membuka usaha dengan menjual kue putri salju. Dan apabila 

anda belum tahu bahan dan cara membuatnya, berikut saya akan menjelaskannya secara sederhana. 

Bahan Kue Lebaran Putri Salju 

Untuk membuat 1 kg gram kue putri salju, anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini: 
Tepung terigu : 400 gram
Tepung maizena : 100 gram
Susu bubuk putih : 50 gram
Gula halus : 125 gram
Mentega : 300 gram
Keju parut : 50 gram
Kuning telur : 3 biji
Gula halus untuk taburan : secukupnya. 

Cara Membuat Kue Putri Salju

Pembuatan kue kering putri salju sangatlah sederhana, seperti berikut:
Pertama, siapkan mixer untuk mengkocok gula halus, mentega dan kuning telur. 
Kedua, masukan keju parut kemudian aduk rata. 
Ketiga, masukan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. Kemudian aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu. 
Ke-empat, Setelah teraduk rata, ambil adonan dan cetak menyerupai bulan sabit kemudian tata di loyang. 
Ke-lima, setelah tersusun rapih di atas loyang, masukan ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 140 derajat hingga matang. 
Ke-enam, ketika masih panas gulingkan ke dalam gula halus hingga rata. 

Martabak Manis Terang Bulan


Saya kurang tahu mengapa martabak manis ini disebut dengan terang bulan. Tapi mungkin saja karena bentuknya yang bulat seperti bulan. Entahlah. Itu tidak penting. Dan yang penting kita ketahui adalah bahan, resep dan cara membuatnya. Meski saat lebaran jarang sekali orang yang menyajikan martabak, namun jika anda melakukannya maka ini akan menjadi kue lebaran yang unik. 

Bahan Martabak Manis Terang Bulan

Saya yakin anda telah mengenal bahan-bahan martabak terang bulan dan saya juga yakin jika untuk mencarinya tidak terlalu sulit. Berikut bahan-bahan martabak manis

1. Terigu sebanyak 250 gram. 
2. Telur 1 butir
3. Mentega 1 sendok makan
4. Gula 50 gram
5. Susu bubuk 1 sachet
6. Baking powder 1/2 sendok teh
7. Fermipan 1/2 sendok teh
8. Vanili secukupnya
9. Air hangat dua gelas

Cara Membuat Martabak Terang Bulan

Telur yang telah disiapkan dikocok menggunakan garpu. Ambil air hangat untuk dicampurkan dengan susu bubuk, gula, vanili, mentega, garam lalu masukan ke dalam kocokan telur. 

Siapkan wadah baru sebagai tempat untuk mengaduk baking powder dan fermipan. Setelah diaduk, tutup adonan hingga kira-kira 30 menit. 

Jika adonan telah naik, teflon atau nampan yang digunakan untuk memanggang martabak dipanaskan terlebih dahulu. 

Setelah panas masukan adonan yang telah dibuat tadi ke dalamnya. Tunggu sebentar hingga bagian atas martabak berlubang. Jika telah berlubang, itu tandanya martabak telah matang dan siap untuk disajikan. 

Agar tampilan martabak terlihat cantik, anda boleh menaburkan kacang, atau mesis di atasnya. Namun penting diingat, pemberian hiasan atau topi dilakukan setelah martabak diolesi dengan mentega. 

Nah itulah Aneka Resep Kue Lebaran Yang Unik. Selamat mencoba dan semoga sukses. 
Post a Comment

Dapatkan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner